Objek 2D
Objek grafik 2 dimensi adalah
sekumpulan titik-titik 2
dimensi yangdihubungkan dengan garis lurus, baik berupa polyline, polygon
atau kurva. Objek grafik 2 dimensi didefinisikan
sebagai kumpulan titik 2 dimensi yang secara komputasi
dinyatakan sebagai array 1D, atau linkedlist
sesuai dengan struktur data yang digunakan dalam menyatakan kumpulan
titik 2D ini.
Sedangkan Grafik komputer 2D adalah sebuah generasi gambar digital berbasis komputer, yang kebanyakan mengambil objek-objek dua dimensi (2D). Model Grafik 2D merupakan kombinasi dari model geometri (juga disebut sebagai grafik vektor), gambar digital (raster graphics), fungsi matematika, dan sebagainya. Komponen-komponen ini dapat dimodifikasi dan dimanipulasi oleh transformasi geometri dua dimensi, seperti translasi, rotasi, dan dilatasi.
Model-model yang digunakan pada disain grafis 2D biasanya tidak mendukung bentuk-bentuk tiga-dimensi, atau fenomena yang bersifat tiga dimensi, seperti pencahayaan, bayangan, pantulan, refraksi, dan sebagainya. Namun demikian, mereka dapat membuat model berlapis-lapis (layer); nyata, translusen, dan transparan, yang dapat ditumpuk dalam urutan tertentu. Urutan tersebut biasanya didefinisikan dengan angka (kedalaman lapisan, atau jarak dari si penglihat).
Macam-Macam objek 2D :
- · Line
- · Circle
- · Arc
- · Polygon
- · Text
- · Section
- · Rectangle
- · Ellips
- · Donut
- · Star
- · Helix
Dari macam-macam objek 2d
ini saya akan membahas 3 macam:
i Circle
Circle
atau lingkaran adalah object 2 dimensi yang memiliki ukuran diameter dan
jari-jari. Circle atau lingkaran merupakan kumpulan titik-titik yang tak
berhingga dan saling berhubung.
Objek line/garis adalah objek salah satu 2
dimensi yang sangat mendasar dan sering digunakan untuk perancangan gambar
kerja. Line berasal dari 2 titik yang saling terhubung.
Polygon
Polygon adalah suatu fungsi yang mirip dengan
polyline, hanya sajahasilnya adalah kurva
tertutup. Pada polygon digunakan konsep array dalam menyatakan objek 2D
sebagaikumpulan titik 2D.
Polygon digunakan untuk merepresentasikan
objek-objek dua dimensi.
Objek 3D
3 dimensi biasa disebut
3D atau adalah bentuk dari
benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Grafik 3 Dimensi
merupakan teknik penggambaran yg berpatokan pada titik koordinat sumbu
x(datar), sumbu y(tegak), dan sumbu z(miring).Representasi dari data geometrik
3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap
grafika komputer 2D. Tiga Dimensi, biasanya digunakan dalam penanganan grafis.
3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link).
Grafik 3D merupakan
perkembangan dari grafik 2D. Didalam grafika komputer, 3D merupakan bentuk
grafik yang menggunakan representasi data geometri tiga dimensi.
Suatu objek rangka 3D apabila disinari dari arah tertentu akan membentuk bayangan pada permukaan gambar.
Proses pembuatan grafik komputer 3D dapat dibagi ke dalam tiga fase, yaitu 3D modeling yang mendeskripsikan bentuk dari sebuah objek, layout dan animation yang mendeskripsikan gerakan dan tata letak sebuah objek, dan 3D rendering yang memproduksi image dari objek tersebut.
Istilah atau Pengertian Grafik 3D adalah sebuah gambar,garis,lengkungan,dan sebagainya yang memiliki titik-titik yang menghubungkan menjadi sebuah bentuk 3D. Di dalam dunia game, 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). Saat ini video card menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card itu sendiri (bukan berasal dari software) untuk mencapai hasil grafik yang lebih realistis dalam memainkan game komputer.
Suatu objek rangka 3D apabila disinari dari arah tertentu akan membentuk bayangan pada permukaan gambar.
Proses pembuatan grafik komputer 3D dapat dibagi ke dalam tiga fase, yaitu 3D modeling yang mendeskripsikan bentuk dari sebuah objek, layout dan animation yang mendeskripsikan gerakan dan tata letak sebuah objek, dan 3D rendering yang memproduksi image dari objek tersebut.
Istilah atau Pengertian Grafik 3D adalah sebuah gambar,garis,lengkungan,dan sebagainya yang memiliki titik-titik yang menghubungkan menjadi sebuah bentuk 3D. Di dalam dunia game, 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). Saat ini video card menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card itu sendiri (bukan berasal dari software) untuk mencapai hasil grafik yang lebih realistis dalam memainkan game komputer.
Macam-macam objek 3 dimensi:
·
Box
·
Sphare
·
Cyllinder
·
Tube
·
Pyramid
·
Plane
·
Hedra
Saya akan
membahas 3 diantaranya:
- BoxBox adalah sebuah objek 3 dimensi yang terbuat dari kumpulan objek 2 dimensi, maksudnya sebuah box merupakan kumpulan dari sebuah bidang persegi yang saling dihubungkan satu sama lain.
- Sphere
- Cyllinder
sumber :
http://avekotagg.blogspot.com/2010/12/membuat-gambar-3d-di-coreldraw.html http://juvanister.blogspot.com/2010/10/perbedaan-grafis-2d-dan-3d.html
http://www.scribd.com/doc/15930229/TI1Kelompok1
http://www.scribd.com/doc/15930229/TI1Kelompok1
2 komentar:
kita juga punya nih jurnal mengenai pemodelan 3D, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1153/1/50407275.pdf
semoga bermanfaat yaa :)
Balas
ada contoh programnya ya ka? kalo ada boleh dikirimkan lah ka
Post a Comment