Dalam dunia komputer, suatu sistem grafis seperti desain dan pemodelan adalah salah satu faktor yang sangat penting. Dengan adanya sistem grafis para user mudah mendapatkan output atau keluaran dari inputan yang mereka masukan. karena sistem grafis merupakan output utama yang akan dikeluarkan oleh komputer untuk berinteraksi dengan penggunanya. Jika suatu komputer kehilangan fungsi sistem grafis, nilai guna komputer tersebut sebagai pemroses akan jauh berkurang dibanding dengan komputer yang memiliki sistem grafis. Dan komputer tersebut akan mempersulit penggunannya untuk mengartikan hasil atau maksud dari perintah(input) yang dia berikan. Kali ini saya akan menberikan sedikit penjelasan mengenai desain dan pemodelan grafis yang saya kutip dari beberapa sumber.
Desain Grafis
Desain grafis adalah sebuah proses kreatif dalam bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin dengan kata lain desain grafis adalah proses kreatif yang mengkombinasikan sebuah seni dan teknologi yang memberikan kebebasan kepada perancang untuk memilih, menciptakan atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto,tulisan, dan garis diatas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan . Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain). Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi. Desain Grafis juga merupakan ilmu yang mempelajari tentang media untuk menyampaikan informasi, ide, konsep, ajakan dan sebagainya kepada khalayak dengan menggunakan bahasa visual. Baik itu berupa tulisan, foto, ilustrasi dan lain sebagainya. Desain grafis adalah solusi komunikasi yang menjembatani antara pemberi informasi dengan publik, baik secara perseorangan, kelompok, lembaga maupun masyarakat secara luas yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi visual. Ada beberapa software yang digunakan dalam desain grafis:
Desktop Publishing
1. Adobe Photoshop
2. Adobe Illustrator
3. Adobe Indesign
4. Coreldraw
5. GIMP
6. Inkscape
7. Macromedia Freehand
Pemodelan Grafis
Pemodelan disini menurut saya adalah membentuk suatu benda-benda atau obyek, atau membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Grafis adalah gambar yang tersusun dari koordinat-koordinat. Namun grafis disini menurut saya adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra.
Sehingga
pemodelan grafis adalah suatu
ilmu yang mempelajari tentang membuat dan menciptakan obyek baru berupa seni
terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya yang direkayasa
perangkat lunak merupakan suatu hal yang dilakukan di tahapan awal untuk
pembuatan,penyimpanan,dan manipulasi model dan citra. Desain Pemodelan Grafis
juga berkaitan erat dengan grafik computer.
Dibawah ini
adalah 2 bentuk dari grafik computer :
• Grafik komputer 2D; merupakan bentuk dari benda yang memiliki panjang dan lebar. Grafik 2 Dimensi menggunakan teknik penggambaran dimana memiliki patokan titik koordinat sumbu x (datar) dan sumbu y (tegak).
• Grafik komputer 3D merupakan bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. perbedaan dengan grafik 2D pada pemodelan 3D memiliki 3 titik kordinat yakni titik x, y, dan z.
Berikut
kegiatan yang terkait dengan grafik komputer :
- Pemodelan geometris yaitu menciptakan model matematika dari objek- objek 2D dan 3D.
- Rendering yaitu memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
- Animasi yaitu menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behavior objek bergantung waktu.
- Kerangka Grafik Komputer.
- Graphic library/package (contoh:Open GL) adalah perantara aplikasi dan display hardware (Graphic System.
- Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library.
- Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra.
- Citra merupakan hasilakhir dari sintesa, desain, manufaktur, visualisasi dll.
Ketajaman warna dan detail gambar pada tampilan bitmap bergantung pada banyaknya pixel warna atau resolusi yang membentuk gambar tersebut. Hal ini berkaitan dengan kemampuan monitor dan VGA pada device yang kita gunakan. Jika gambar tampilan bitmap berresolusi tinggi di tampilkan pada monitor yang resolusi nya rendah akan mengakibatkan gambar keihatan kasar (ibarat kata nggak ngangkat, kayak kualitas bagus di setel di kualitas kurang bagus), bahkan terlihat kabur berbentuk kotak-kotak jika kita zoom in atau perbesar. Satuan untuk ukuran grafis jenis bitmap ini adalah dpi ( dot per inch ) yang berarti banyaknya titik dalam satu inci.
Selain grafis jenis bitmap, ada grafis jenis vektor yang merupakan
perkembangan dari sistem grafis bitmap. Grafis vektor adalah objek gambar yang
dibentuk melalui kombinasi titik-titik dan garis dengan menggunakan rumusan
matematika tertentu. Grafis ini tidak tergantung pada banyaknya pixel penyusunnya
dan kondisi monitor karena tampilan vektor tersusun atas garis-garis. Sehingga
Tampilan akan terlihat jelas walaupun kita zoom in atau kita besarkan.
Penggunaan titik-titik koordinat dan rumus-rumus tertentu dapat menciptakan bermacam-macam bentuk grafis, seperti lingkaran, segitiga, bujur sangkar dan poligon. sehingga , pemakaian grafis vektor akan lebih irit dari segi volume file.
Penggunaan titik-titik koordinat dan rumus-rumus tertentu dapat menciptakan bermacam-macam bentuk grafis, seperti lingkaran, segitiga, bujur sangkar dan poligon. sehingga , pemakaian grafis vektor akan lebih irit dari segi volume file.
Sumber :
1 komentar:
kita juga punya nih jurnal mengenai pemodelan 3D, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1153/1/50407275.pdf
semoga bermanfaat yaa :)
Balas
Post a Comment